Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Kesadaran Maritim dalam Membangun Negara Maritim


Purwokerto – Cahunsoed.com, Sabtu (30/11), Perwujudan Indonesia sebagai negara maritim akan terwujud jika Indonesia mempunyai kesadaran maritim yang kuat. Dalam hal ini, keterlibatan peran mahasiswa dianggap akan sangat vital dan penting. 

“Kesadaran Maritim sebagai pondasi geoplitik dan geostrategi bisa dirumuskan melalui National Ocean Policy. Nah, mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan harus bisa memberikan sumbangsih pemikiran kepada pemerintah agar bisa bertindak cepat tentang hal ini,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI Untung Suropati yang merupakan salah satu narasumber.

Itulah setidaknya pembahasan dari Seminar Nasional, Strategi Membangun Negara Maritim, dengan tema Visi Maritim sebagai Elemen Fundamental Pembangunan Bangsa Indonesia, yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kelautan Unsoed bekerja sama dengan Indonesia Maritim Institute.

Indonesia masih belum mempunyai kesadaran maritim yang tinggi. “Kesadaran Maritim di Indonesia masih sekedar konsep, memang Indonesia sudah menyentuh kesadaran geografis, namun kesadaran maritim sepertinya kurang ditonjolkan,” lanjut Laksma Untung.

Indonesia juga harus memaksimalkan berbagai potensi maritim yang mereka punya. “Dari berbagai  negara, Indonesia punya potensi maritim paling tinggi. Kita punya pulau yang sangat banyak, industri di garis pantai kita sangat menjanjikan, luas laut kita sangat besar, belum lagi potensi-potensi lain,” tegas Dr. Sudirman Saad, yang menjadi Keynote Speaker.
 
Seminar ini diadakan di Gedung Yustisia 3 Fakultas Hukum Unsoed. Mendatangkan Budiman Sudjatmiko Anggota Komisi II DPR-RI, Kadispen TNI-AL Laksamana Pertama Untung Suropati, Prof. Dr. Dietrich G. Bengen, Prof. Dr. Sahala Hutabarat, dan Ir. Purnama Sukardi, Ph.D dari akademisi sebagai narasumber. (egi/alx)

2 komentar untuk "Pentingnya Kesadaran Maritim dalam Membangun Negara Maritim"

  1. laksma Untung Suropati atau Laksamana pertama jabatan untuk bpk Untung Suropati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kritiknya, sudah kami perbaiki..

      Hapus