Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jismirit, Cara Unik Ajak Warga Tidak Golput



Purwokerto – Cahunsoed.com, Rabu (9/4), Pemilu Calon Legislatif 2014 dilaksanakan hari ini (9/4), Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Kelurahan Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara, Kab.Banyumas, mempunyai cara unik untuk menggaet warga supaya tidak golput. Panitia menggunakan nama TPS ‘Jismirit’ yang berarti ‘hebat banget’ serta menghias dengan berbagai benda seperti bumbu masakan, sangkar burung, dan daun pohon pisang. “Kami sengaja menghias TPS ini, selain bentuk harapan di pemilu, ini juga untuk mengajak warga supaya datang mencoblos,” kata Djony Teguh Suprijana, Ketua Panitia TPS 02 Pabuaran.

Djony menjelaskan makna hiasan tersebut masih berhubungan dengan pesan-pesan pemilu, bumbu masakan seperti  daun salam, laos, dan sereh, hanya dibutuhkan saat akan memasak setelah itu dibuang, layaknya rakyat yang dipakai saat dibutuhkan lalu dibuang saat tidak dibutuhkan.

Burung dalam sangkar melambangkan suara rakyat tetapi masih dikerangkeng tidak bebas bergerak.
“Pohon pisang diambil dari filsafat jawa, pohon pisang tidak akan mati sebelum berbuah, diharapkan caleg nantinya membuahkan hasil yang manis bagi rakyat bukannya malah kandas duluan,” jelas pria yang akrab dipanggil Joni Jonte ini. 

Lalu Jangkrik melambangkan rakyat yang masih bingung dan mudah diadu domba, sedangkan sapu sebagai simbol persatuan rakyat. “Jaman sekarang cari caleg bersih itu susah, maka kami ingin caleg mendengar suara rakyat biasa dari pemaknaan benda-benda yang ada disini,” tambahnya.

Sebelum TPS dibuka mereka melakukan ronda coblos keliling desa untuk mengajak warga datang ke TPS. “Idenya unik, bikin warga penasaran dan datang buat nyoblos, banyak makna tentang pemilu yang bisa dipelajari di sini,” kata Icha Dewiyana salah satu warga. (Alx/Pic:CnD)

Posting Komentar untuk "Jismirit, Cara Unik Ajak Warga Tidak Golput"