Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Solidaritas Mahasiswa Peduli Rembang


Source: https://twitter.com/CallMeMad
Purwokerto – Cahunsoed.com, Kamis (20/6), Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Rembang menggelar aksi di depan Patung Kuda Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Aksi ini digelar sebagai bentuk solidaritas untuk masyarakat pengunungan Kendeng Utara, Rembang yang sedang terlibat konflik dengan PT. Semen Indonesia.

“Ini adalah aksi solidaritas untuk proses tranformasi isu ke masyarakat bahwasanya ada kasus di Rembang. lalu, ini bentuk dukungan kita sebagai mahasiswa terhadap penolakan pembangunan pabrik semen di sana,” ujar Koordinator Lapangan Aksi, Tukiban. Tukiban juga menjelaskan, bila pembangunan pabrik semen di Rembang menyalahi aturan. Sebab, PT Semen Indonesia mencaplok area pegunungan sehingga mengancam ekosistem disana. Pembangunannya pun tanpa sosialisasi ke masyarakat.

Muhamad Setiawan, salah satu peserta aksi, menyatakan aksi solidaritas hari ini juga dilakukan di dua kota lainnya seperti Blora dan Semarang. Mereka juga mengecam tindakan represifitas dari aparat kemanan negara kepada warga sekitar yang melakukan pendudukan di lokasi pembangunan pabrik sebagai bentuk penolakan. “Sangat disayangkan jika aparat benar melakukan tindakan represifitas. Karena pada dasarnya aparat adalah bagian penegak hukum yg harus bersikap adil dan berpihak pada kepentingan rakyat,” kata Tukiban. 

Seusai mengelar aksi di depan patung kuda, mereka melanjutkan aksi di Alun-alun Purwokerto dan pada malam harinya digelar penggalangan dana di Studio X-One. (DNG)

Posting Komentar untuk "Aksi Solidaritas Mahasiswa Peduli Rembang"