Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebulan Penggunaan Fingerprint, Mahasiswa Masih Kesulitan


Purwokerto – Cahunsoed.com, Kamis (2/4), Meski sudah berlaku sebulan, sistem presensi fingerprintdi Fakultas Ekonomi Bisnis, masih menyulitkan mahasiswa. Priska Indriani, Mahasiswa Manajemen 2012, pernah mengalami kesalahan dalam penggunaan alat ini. Ia sudah melakukan scanning ibu jari, tapi dalam sistem tertulis tidak hadir. 

“Akhirnya aku ke transit dan ngurus absen. Ribetnya harus cek ke e-SIA juga,” katanyaPenggunaan fingerprint sendiri berlaku mulai 15 menit sebelum dan sesudah perkuliahan. Di luar itu, mahasiswa tidak bisa melakukan absensi. Janitra Yoga, mahasiswa Akuntansi 2014,  mengatakan belum ada sosialisasi yang masif, hanya petunjuk di depan dan di atas fingerprint.

Penerapan sistem presensi baru ini bertujuan mengurangi budaya “titip absen” mahasiswa. Aribawa, Staf Subbag Akademik dan Kemahasiswaan Unsoed mengatakan, sosialisasi tidak perlu dilakukan sebab presensi ini hanya menyangkut perkuliahan dan Bapendik (Baca: Mahasiswa Tak Tahu Ada Sistem Presensi Baru). “Presensi ini kan hubungannya sama bapandik, mahasiswa saya pikir tidak perlu tahu. Yang penting mereka kuliah,” katanya.

E-presensi Diterapkan se-Unsoed
Ia menjelaskan lebih lanjut, kebijakan baru mengenai presensi ini diterapkan se-Unsoed. Bagi fakultas yang belum memiliki alat fingerprint, mekanisme rekapitulasinya menggunakan cara manual yang diunggah setiap hari di akademik.unsoed.ac.id. “Yang sudah menggunakan fingerprint hanya fakultas ekonomi, yang lainnya kami anjurkan tetap meng-upload presensinya dengan cara manual. Supaya kita bisa melihat absen mahasiswa secara realtime,” katanya.

Mengenai fakultas lain yang belum memiki fingerprint, Ari mengatakan pengadaan fingerprint masih terkendala dana. “Mungkin tahun depan mas, harganya lumayan mas 3-4 juta per unitnya,” kata Ari.

“Tapi meski sudah pakai fingerprint kita masih absen lagi di kertasnya dosen, jadi kayanya gak ada efeknya pakai finger print,” kata Ayu Budi Wardhani, Mahasiswa Manajemen 2014.

(MG-SHL)

Posting Komentar untuk "Sebulan Penggunaan Fingerprint, Mahasiswa Masih Kesulitan"