Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FISIP Tarik Biaya Yudisium

sumber: fisip unsoed
Purwokerto - Cahunsoed.com, Jumat, (11/3), Pendaftaran yudisium untuk mahasiswa FISIP dikenakan biaya hingga Rp110 ribu. Beberapa mahasiswa angkatan 2012 yang telah dinyatakan lulus pada Maret 2016, merasa keberatan ketika ditarik biaya yudisium. Salah satunya Zehrina Amalia Riskyankeiko, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2012 mengaku harus membayar yudisium sebelum kelulusan, "Katanya untuk plakat dan selempang, tapi kan 2012 udah UKT, masa masih di tarik biaya," ujarnya.
Menurut Wakil Dekan I Bidang Akademik Joko Santoso, penarikan tersebut bukan untuk mendaftar yudisium melainkan untuk membeli sejumlah perlengkapan saat malam perpisahan. “Bayarnya itu memang pada saat mau yudisium, tapi itu untuk keperluan membeli plakat, medali, sama slempang,” kata Joko.
Selain pembayaran yudisium, untuk malam pelepasan juga masih dikenakan biaya hingga Rp150 ribu. “Karena pelepasan kan ngga termasuk unit cost, ini cuma ceremonial saja kalo ngga mau bayar ngga usah pelepasan juga ngga apa-apa,” tambahnya.
Lain halnya dengan beberapa fakultas lainnya. Terkait yudisium, beberapa fakultas tidak menarik biaya. Seperti Fakultas Hukum, menurut Kasubag Pendidikan, Sri Minarmi, untuk yudisium dan pelepasan sudah masuk dalam unit cost. “Bagi mahasiswa ukt tidak perlu lagi membayar, karena untuk yudisium dan pelepasan sudah dianggarkan dalam unit cost,” katanya.

Fakultas Ekonomi pun tidak menarik biaya pendafaran yudisium. Menurut kasubag pendidikan, Warih Edy Sasono, FEB hanya menarik biaya pelepasan yakni Rp 125 ribu. “Yudisium kan ngga ngapa-ngapain buat apa bayar,” kata Warih. Sama halnya dengan Fakultas MIPA, menurut Wakil Dekan I bidang akademik, Wuryatmo Akhmad Sidik, yudisium penting dilaksanakan karena membuat status kelulusan mahasiswa menjadi sah. “Di MIPA untuk yudisium ngga bayar, karena cuma upacara serta SK yang menyatakan kelulusan. Rencananya yudisium ini mau dilaksanakan tiap bulan,” kata Wuryatmo. (MG-ALD/MG-IVA/MG-ELD) 

Posting Komentar untuk "FISIP Tarik Biaya Yudisium"