Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa Gelar Teatrikal Peringati Hari Kartini


Purwokerto – Cahunsoed.com, Sabtu (23/4), Dalam rangka memperingati Hari Kartini (21/4), mahasiswa gelar aksi teatrikal di pertigaan FISIP Unsoed. Perjuangan ibu-ibu Kendeng, Rembang, Jawa Timur beberapa waktu lalu di depan istana negara dengan mengecor kakinya demi bertemu dengan Presiden, menjadi isu yang diangkat oleh sejumlah mahasiswa. “Peringatan hari kartini ini, kita lakukan untuk memberitahu serta mengedukasi masyarakat tentang perjuangan ibu-ibu Kendeng yang masih menolak pabrik semen di Desa Kendeng,” kata Lutvera N Pramesti, koordinator aksi.

Pendirian pabrik semen di Desa Kendeng, Rembang Jawa Timur, mengancam kehidupan masyarakat yang mayoritas petani. Didirikannya pabrik semen, dapat merusak pegunungan karst dan mencemari air yang merupakan sumber penghidupan masyarakat setempat. Luthvera menambahkan, jika perjuangan ibu-ibu Kendeng yang masih menolak pendirian pabrik semen di desanya, serta tuntutan mereka meminta keadilan kepada pemerintah, menggambarkan jiwa dan semangat Kartini masih ada dalam perempuan-perempuan hari ini.

Larissa Vasthi Kaulika, aktor teatrikal malam peringatan Kartini mengaku dirinya tersentuh dengan keberanian dan semangat yang dilakukan ibu-ibu desa Kendeng. “Sebagai perempuan, saya merasa takjub dengan hal-hal yang dilakukan oleh ibu-ibu Kendeng, mereka pemberani dan mereka memberitahukan kepada kita bahwa semangat perjuangan Kartini tetap selalu ada, dan kita khususnya sebagai perempuan juga harus terus mendukung perjuangan mereka,” kata Larissa.

Aksi malam peringatan Hari Kartini yang diprakarsai oleh Teater SiAnak FISIP dan HMI Komisariat FISIP Unsoed, ditutup dengan pembacaan puisi. Mereka berharap, perempuan-perempuan Indonesia akan semakin maju serta tidak ada lagi ketimpangan gender. “Perempuan juga bisa mendapat hak yang sama, pandangan sebelah mata terhadap perempuan harus dihilangkan,” ujar Larissa. 
(MG-Fadillah Eldo/ MG-Fauzi Akmal D)
Ed: Fahri Abdillah/ Triana Widyawati 

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Gelar Teatrikal Peringati Hari Kartini"