Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa Komunikasi Pertanyakan Fungsi Laboratorium

Laboratorium Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed. (Foto: Candra)
Purwokerto – Cahunsoed.com, Selasa (17/5), Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang mengikuti mata kuliah praktikum, tak pernah menggunakan peralatan dari laboratorium komunikasi. Kebanyakan dari mata kuliah yang seharusnya menggunakan peralatan praktek, justru tidak terfasilitasi dengan adanya laboratorium komunikasi. Hal ini membuat Mahasiswa Ilmu Komunikasi mempertanyakan fungsi laboratorium komunikasi.

Salah satu mahasiswa yang mengeluhkan tak adanya praktikum di laboratorium yakni Deviani Puspitasari. Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2013 ini, tidak merasakan keberadaan labkom sebagai tempat praktikum mahasiswa ilmu komunikasi. “Dari dulu praktikum ngga pernah pake alat labkom, ke labkom cuma buat pengganti ruangan,” katanya.

Meski di ruangan labkom terdapat laboratorium produksi siaran tv, radio, dan fotografi, namun untuk mata kuliah praktikum tidak pernah menggunakan ruangan tersebut, baik untuk tempat praktek maupun menggunakan peralatan di dalamnya. Seperti yang disampaikan Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014 Jaka Budiman. Memakai ruangan labkom justru dikarenakan ruang kelas yang lain penuh atau sebagai ruangan untuk jadwal pengganti. “Labkom malah dipake buat jadwal pengganti atau karena kelasnya penuh, tapi yang jelas praktikum kita selalu di luar ruangan dan pake alat sendiri,” kata Jaka.

Keluhan mahasiswa Ilmu Komunikasi ini, mendapat tanggapan dari Kepala Laboratorium. Menurut Edi Santoso, hal ini dikarenakan tidak adanya mahasiswa yang memanfaatkan peralatan labkom. “Labkom bisa bermanfaat kan kalo ada mahasiswa yang pake alat-alatnya, tapi kami memang baru menata kekurangan alat, termasuk usulan peralatan radio juga sedang kami usahakan,” katanya. (TRIANA WIDYAWATI)

Ed: Fahri Abdillah

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Komunikasi Pertanyakan Fungsi Laboratorium"