Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fasilitas Ruang Kelas FIB Masih Banyak Kerusakan

Laboratorium FIB yang digunakan 
sebagai ruang kelas biasa. (CAHUNSOEDCOM/Cheria)
Purwokerto, Cahunsoed.com – Kamis (27/10), Fasilitas ruang kelas yang terdapat di Fakultas Ilmu Budaya, seperti AC, proyektor, serta audio room yang mengalami kerusakan dikeluhkan oleh mahasiswa dan dosen. “Proyektor di FIB lensanya sudah kotor, buat presentasi gelap dan nggak kelihatan,” ujar Rachma Ayulisjati, mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Inggris 2015.

Selain mahasiswa, dosen juga mengeluhkan adanya beberapa fasilitas kampus FIB yang belum lengkap. Akibatnya beberapa dosen harus membawa peralatan pribadi miliknya seperti speaker untuk menunjang materi perkuliahan listening. “Buat peralatan seperti speaker, kita bawa sendiri soalnya kalau nungguin dari fakultas  lama,” tutur Dosen Sastra Inggris Linda Fatmawati.

Dosen lain pun mengeluhkan hal yang sama, salah satunya Gita Anggreastika, Dosen Sastra Indonesia. “LCD kadang tidak jelas, AC nggak dingin malah panas,” ujarnya.

Standar ruang kelas di FIB seharusnya memiliki LCD, audio, terutama beberapa mata kuliah yang membutuhkan peralatan tersebut. Seperti yang diungkapkan Linda Fatmawati, Dosen Sastra Inggris. “Paling tidak menurut saya, di sebuah ruangan itu harus ada LCD, karena di FIB ada beberapa mata kuliah yang membutuhkan audio,” kata Dosen Sastra Inggris ini.

Minimnya fasilitas sudah sering disampaikan oleh mahasiswa maupun dosen untuk segera diperbaiki. Namun Wakil Dekan II berdalih jika kerusakan bukan dikarenakan peralatan yang tidak memenuhi standar, justru disebabkan oleh penggunanya.

“Masalahnya sekarang itu pada penggunanya yang kadang kurang bertanggung jawab saat menggunakan fasilitas yang ada,” ujar Ely Triasih.

Wakil Dekan II menambahkan, fakultas sudah membentuk tim khusus untuk memperbaiki kerusakan, namun untuk tingkat kerusakan yang parah harus melalui prosedur yang ada.

Di tengah banyaknya fasilitas yang belum diperbaiki, namun Fakultas Ilmu Budaya dalam waktu dekat akan melaksanakan pembangunan gedung. Diantaranya pembangunan  gedung lantai 2 untuk ruang pertunjukan dan ruang kelas, 3 laboratorium guna menunjang fasilitas pembelajaran mahasiswa dan dosen.

“Sudah di acc, tahun depan rencananya dibangun, semoga cepat terealisasi,”  tambah Ely Triasih.

Mahasiswa sendiri berharap agar pihak fakultas terlebih dulu memperhatikan fasilitas yang ada di ruang kelas dibanding dengan urusan yang lain, “Lebih baik dibenahi dulu fasilitas ruang kelasnya, baru pembangunan yang lain menyusul”, tukas  Rachma Ayulisjati. (Cheria Ayu Syafali)
Ed: Triana Widyawati

Posting Komentar untuk "Fasilitas Ruang Kelas FIB Masih Banyak Kerusakan"