Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerja Sama Unsoed dengan Bank Mandiri, Bangun Gedung 5 Lantai di FISIP

Cahunsoedcom/Nurul Fattimah

Purwokerto, Cahunsoedcom – Gedung baru bersama Bank Mandiri diketahui akan didirikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Lokasinya akan berada di area gedung lama Administrasi Negara (AN). Diketahui bahwa pembangunan tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Unsoed dengan Bank Mandiri.

Rencana anggaran diperkirakan mencapai Rp16 miliar yang ditanggung oleh pihak Bank Mandiri. Hal ini disampaikan oleh Adi Indrayanto selaku Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) Unsoed.

“Rencana anggaran yang digunakan dalam pembangunan Bank Mandiri masih kita hitung, kira-kira anggaran pastinya kisaran Rp15 sampai Rp16 M,” ujarnya.

Tak membangun cuma-cuma, pihak Bank Mandiri nantinya akan turut menggunakan gedung ini. Adi menjelaskan bahwa pembangunan gedung baru 5 lantai bersama Bank Mandiri menggunakan skema kerja sama BOT (Build Operate Transfer). 

“BOT ini merupakan salah satu bentuk perjanjian kerja sama antara pihak yang membangun kemudian diserahkan ke Unsoed dan digunakan sesuai dengan kontrak perjanjian,” jelas Adi.

“Untuk urgensinya memang karena gedung (gedung lama AN) tersebut tidak terpakai, skema BOT menjadi peluang kita untuk melakukan pengembangan pada gedung tersebut,” tambah Adi terkait urgensi dibangunnya gedung baru bersama Bank Mandiri di kawasan FISIP.

Adi juga menjelaskan, pemilihan lokasi dilakukan atas pertimbangan lokasi FISIP yang dinilai strategis dan menguntungkan pihak Bank Mandiri.

“Melihat peluang yang ada di FISIP, saya merasa jalur di sana merupakan jalur yang baik dalam ekonomi dan tentu saja Bank Mandiri juga minta di situ, melalui pertimbangannya dan yang penting semua diuntungkan atas kerja sama nantinya,” ujar Adi.

Menanggapi pembangunan gedung baru bersama Bank Mandiri di kawasan FISIP, Dekan FISIP Unsoed, Wahyuningrat menjelaskan bahwa proses kerja sama dan pembangunan berada di bawah tanggung jawab pimpinan Unsoed. Meskipun pihak fakultas tidak dilibatkan secara langsung, ia menilai bahwa pembangunan ini membawa keuntungan untuk FISIP.

“FISIP dalam sarana dan prasarana masih kurang jika menunggu anggaran rutin yang selama ini diperoleh. Kemudian, ada tawaran itu (pembangunan gedung baru), dilihat memberikan banyak keuntungan bagi FISIP,” ungkap Wahyuningrat. 

“Penggunaan gedung oleh Unsoed untuk peningkatan pelayanan pendidikan, sementara penggunaan gedung oleh Bank Mandiri untuk peningkatan pelayanan pelanggan,” tambahnya.

Cahunsoedcom/Indah Setiowati

Terkait penghapusan gedung lama Administrasi Negara, Wahyuningrat mengaku belum bisa memastikan kapan waktu tepatnya, sebab masih menunggu arahan pimpinan Unsoed, meskipun sudah ada wacana di akhir 2023. 

“Penghapusan gedung lama AN direncanakan pada 2023 akhir, nanti akan disosialisasikan kepada mahasiswa, ingin penghapusan dan penggunaan seperti apa, serta keuntungan yang didapat,” ujar Wahyuningrat.

Meskipun dianggap membawa keuntungan bagi FISIP, kehadiran Bank Mandiri di kawasan kampus dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan dan keamanan mahasiswa FISIP. Menanggapi kekhawatiran tersebut, pihak fakultas akan mengatur alur mobilisasi nasabah bank dan mahasiswa agar terpisah sehingga tidak mengganggu aktivitas satu sama lain. Hal ini disampaikan oleh Wakil Dekan 2 FISIP Unsoed, Alizar Isna.

“Nasabah bank tidak diperkenankan menggunakan jalur-jalur yang digunakan mahasiswa. Dengan demikian keamanan tetap terjaga,” ujarnya.

Isna juga mengungkapkan akan dilakukan pemasangan CCTV di beberapa titik untuk memperketat keamanan. Namun hingga September ini, CCTV yang dijanjikan masih belum juga terpasang. 

Terkait pembagian penggunaan gedung, meskipun Bank Mandiri turut menggunakan, Isna menjelaskan bahwa porsinya akan lebih banyak dipakai untuk kepentingan pelayanan pendidikan.

“Lantai 1 nantinya full untuk tempat pelayanan pelanggan Bank Mandiri, lantai 2 sebanyak 1/3 untuk Bank Mandiri dan 2/3 untuk Unsoed. Adapun di lantai 2 untuk sekretariat dan ruang kaprodi program S2 dan S3. Lantai 3, 4, dan 5 full untuk tempat pelayanan pendidikan Unsoed,” paparnya.


Reporter: Naila Lutfhia, Anggraini Desinta, Insi Faiqoh, Hanna Christi, Fadhilla Laela 

Penulis: Anggraini Desinta 

Editor: Insi Faiqoh S


Posting Komentar untuk "Kerja Sama Unsoed dengan Bank Mandiri, Bangun Gedung 5 Lantai di FISIP"