Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya KKN Ditanggung Mahasiswa

KKN Unsoed 2014 (Sumber: desamujur-kroya.blogspot.com)
Purwokerto – Cahunsoed.com, Kamis (7/5), Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 2014/2015 yang akan dilaksanakan pada bulan ini dikenakan biaya sebesar Rp600.000. Biaya ini berlaku bagi mahasiswa 2012 pengguna sistem UKT. Hal ini diungkapkan oleh Oki Sri Linangkung, Subbag Program Data dan Informasi LPPM Unsoed. Anggaran mahasiswa pengguna UKT hanya Rp200.000, sehingga tidak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan mahasiswa pada saat KKN. “Biaya yang ditanggung oleh universitas hanya biaya administrasi saja sebesar Rp200.000, sedangkan biaya hidup mahasiswa yang membayar. Biaya ini hanya untuk mahasiswa UKT saja,” katanya. (Baca: Dana KKL Tak Masuk Perhitungan UKT)

Mahasiswa Sosiologi 2012, Pambarep Wisnu, mengaku kecewa dengan kebijakan ini. menurutnya biaya UKT adalah biaya seluruh kebutuhan mahasiswa. Universitas seharusnya menanggung seluruh biaya tersebut. “Yang bener? Kemarin kita bayar KKL, sekarang bayar lagi KKN, harusnya kan tidak ada tarikan lagi,” katanya.

Tanggapan serupa diungkapkan oleh Marsha Azka, Tim Riset Somasi Unsoed, dalam sistem UKT universitas wajib menanggung segala kebutuhan mahasiswa selama kuliah. Saat penyusunan kurikulum oleh universitas dan fakultas, segala kebutuhan mahasiswa seharusnya sudah dianggarkan. “Segala bentuk penarikan diluar UKT adalah pungli, hal tersebut sudah diatur dalam permendikbud,” katanya.

Sedangkan Wakil Dekan II FISIP, Waluyo Handoko, mengatakan pihaknya tidak tahu menahu mengenai permasalahan ini. "Itu urusannya sama universitas kita tidak tahu apa-apa," katanya.

Pendaftaran KKN II periode 2014/2015 akan dilaksanakan serentak melalui sistem online dimulai pada 18 Mei 2015. Adapun Syarat KKN adalah mahasiswa yang sudah menempuh 100 SKS. Pelaksanaan salah satu matakuliah wajib ini akan dilakukan di lima kabupaten pada Juli-Agustus 2015. (ALX/TRI)

Posting Komentar untuk "Biaya KKN Ditanggung Mahasiswa"