Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurusan Perikanan & Kelautan Tarik Uang Praktikum Mahasiswa Pengguna UKT

Purwokerto – Cahunsoed.com, Sabtu (14/12), Mahasiswa Jurusan Perikanan dan Kelautan (JPK) 2012 ditarik uang praktikum padahal mereka sudah menggunakan Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). “Iya, dari semester I sampai semester III udah tiga kali kita ditarik uang buat praktikum keluar kota,” ungkap Jusac Rabin Sinaga, Ilmu Kelautan 2012. Ia menjelaskan penarikan dilakukan oleh dosen matakuliah terkait, “Alasannya sih, katanya dana dari pusat kurang,” tambah Jusac mengulas alasan dosennya.

            Mereka pun ditarik uang sebesar 80-100 ribu. “Beda-beda tiap matakuliah,” ungkap Barkah Pamuji, Ilmu Kelautan 2012. Ia juga mengatakan jika dosen berjanji akan mengembalikan uang yang telah ditarik. Namun sampai sekarang uang tersebut belum juga kembali.

            Padahal menurut Sirojudin, Tim Riset SaveSoedirman, pada Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), dana praktikum sudah termasuk kedalam UKT. “UKT itu sudah termasuk seluruh pembiayaan, kalau masih ada penarikan lagi, itu menyalahi aturan UKT, berarti Unsoed tidak becus dalam menyusun Unit Cost UKT 2012,” tegas Siro.

            Menanggapi hal tersebut, Ketua Jurusan Perikanan dan Kelautan, Arif Mahdiyana, enggan memberikan komentar terkait penarikan uang praktikum diluar UKT. “Saya tidak tahu menahu,” katanya.(alx)
(Berita Terkait #PerencanaanUKTKacau)

2 komentar untuk "Jurusan Perikanan & Kelautan Tarik Uang Praktikum Mahasiswa Pengguna UKT"

  1. Kepada: LPM SOLIDARITAS
    Perihal: Pemberitaan Cahunsoed.com tanggal 14 desember 2013 dengan judul “Jurusan Perikanan dan Kelautan Tarik Uang Praktikum Mahasiswa Pengguna UKT”

    Kami keberataan dengan judul dalam pemberitaan tersebut karena dalam judul tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang ada di kampus kami yang mengindikasikan “Dosen menarik Praktikum,” namun kenyataannya dosen tidak menarik uang praktikum ke mahasiswa. Pembayaran praktikum di luar UKT merupakan inisiatif dari mahasiswa, dikarenakan kekurangan dana yg diturunkan dari universitas kepada jurusan.

    7 Maret 2014.
    Jusac Rabin Sinaga dan Barkah Pamuji

    Jawaban Redaksi:
    Semua data yang didapat dalam berita tersebut sesuai dengan wawancara pada 14 Desember 2013 di kampus Jurusan Perikanan dan Kelautan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Terima Kasih. -Redaksi-

    BalasHapus
  2. saran pertimbangkan kode etik jurnalistiknya

    BalasHapus