Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kontras Ajak Mahasiswa Internalisasi Nilai HAM

sumber: CDR
Puwokerto – Cahunsoed.com, Minggu (1/5), Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) bersama Teater SiAnak, menyelenggarakan lokakarya yang bertemakan ‘Human Loves Human.’ Hal ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa menginternalisasikan nilai-nilai HAM dalam kehidupan sehari-hari. “Menyadarkan mahasiswa kalo HAM bukan sekadar UU, dokumen, tapi itu adalah nyata ada di sekitar kita,” kata Nisrina Nadhifah pembicara Kontras.

Nisrina juga menambahkan Purwokerto merupakan kota ke delapan yang dipilih untuk acara lokakarya ini. Menurutnya, menarik karena mahasiswa Unsoed cenderung jarang terjadi konflik. “Kampus ini dikenal adem ya, menariknya disini apakah mahasiswa tidak peduli terhadap permasalahan HAM atau memang disini tidak terjadi masalah apa-apa,” kata Nisrinas yang bekerja di bagian Biro Kampanye dan Jaringan.

Menurut salah satu panitia, Pilari Krisnasaputri, Teater SiAnak, lokakarya ini juga sebagai gerbang agar mahasiswa lebih peka terhadap persoalan HAM dan bisa menindaklanjuti dengan kreativitas yang mereka miliki. “Nanti bisa dilanjut setelah lokakarya ini untuk outputnya bisa berupa pementaasan atau diskusi tentang HAM dan yang lainnya,” katanya.

Diakhir lokakarya ini, mahasiswa yang hadir diminta untuk mendiskusikan tentang kampanye terhadap persoalan yang sedang dihadapi. Menurut salah satu peserta, Kollin Basundara, baginya acara ini sangat menginspiratif untuk membuka pikiran mahasiswa terhadap isu dan wacana seperti HAM. Hal ini dikarenakan permasalahan pelanggaran HAM masih banyak terjadi di Indonesia dan belum jelas penyelesaiannya. “Mahasiswa harus tetap kritis, dan turut andil dalam perjuangan melawan pelanggaran HAM ” katanya. (TRIANA WIDYAWATI)

Posting Komentar untuk "Kontras Ajak Mahasiswa Internalisasi Nilai HAM"