Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buka Bersama Keluarga Besar Mahasiswa FISIP Unsoed : Bersihkan Diri, Sambut Ramadan dengan Berbagi

 

Irgi Bagus

Nuansa baru tercipta di keluarga besar mahasiswa FISIP (KBMF) lantaran di bulan Ramadan kali ini KBMF mengadakan buka bersama sekaligus berdonasi kepada Panti Asuhan Harapan Mulia. Pelaksanaan buka bersama ini dilaksanakan pada hari Jumat (15/4/22) di Aula FISIP mulai pukul 15.30 WIB hingga selesai. KBMF mengusung tema “Bersihkan Diri, Sambut Ramadan dengan Berbagi”. Dengan persiapan yang dilakukan kurang dari 2 minggu, buka bersama KBMF ini mengundang anak-anak Panti Asuhan Harapan Mulia karena keinginan KBMF untuk menampilkan nilai saling mengasihi dan saling memberi kepada sesama pada bulan suci Ramadan.

“Karena dalam nuansa Ramadan di mana bulan yang penuh berkah, jadi FISIP berusaha menampilkan nilai saling mengasihi dan saling memberi dengan sesama,” ujar Muhammad Fadhil selaku panitia pelaksana Buka Bersama KBMF. Terdapat 26 anak Panti Asuhan Harapan Mulia yang mengikuti kegiatan ini dengan datang menggunakan angkot yang telah disediakan oleh pihak panitia tanpa didampingi oleh pendamping dari panti asuhan.

Pelaksanaan kegiatan buka puasa ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari sambutan oleh dekan dan wakil dekan FISIP Unsoed serta sambutan dari pihak Panti Asuhan Harapan Mulia. Selagi menunggu waktu untuk buka puasa, kegiatan ini diisi dengan permainan pesan berantai dan sambung ayat yang dimainkan dengan antusias oleh anak-anak panti. Penampilan musik juga turut memeriahkan kegiatan ini, seperti penampilan musik dari band Remoef, dan band lainnya yang tidak kalah memukau.

Dengan adanya kegiatan Buka Bersama KBMF diharapkan mahasiswa FISIP dapat saling mengenal dan kembali menciptakan suasana yang ramai seperti sedia kala, yaitu sebelum andanya pandemi. “Kita membuat kegiatan ini dengan tujuan ya biar ramai FISIP-nya. Sekarang kita sudah di masa transisi, sudah banyak yang booster, dan sudah melakukan banyak hal sehingga dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi katalisator kegiatan-kegiatan terbuka lainnya,” ujar Hendy Nabil Rais selaku Ketua Pelaksana Buka Bersama Keluarga Besar Mahasiswa FISIP. Tujuan tersebut terbukti tercapai dengan terlihatnya antusiasme mahasiswa FISIP yang turut serta dalam buka bersama kemarin baik sebagai peserta maupun panitia dalam pelaksanaan buka bersama.

Selain itu, banyak pihak yang berharap kegiatan ini terus dilakukan kedepannya. Tomo, salah satu anak panti asuhan mengatakan, “Semangat terus melakukan hal baiknya. Salah satunya, seperti hal ini (buka bersama). Jangan sampai berhenti dan terus dipertahankan.” Begitupun dengan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISIP Unsoed, Tri Wuryaningsih, yang berterima kasih dengan diadakannya kegiatan ini dan berharap besar akan tetap terus dilanjutkan ke depannya, “Saya ucapakan terima kasih selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni atas inisiasinya, untuk kegiatan ini mudah-mudahan bisa dilanjutkan.” Banyaknya dorongan dan besar harapan untuk dipertahankannya kegiatan ini selanjutnya tentunya dijadikan pertimbangan akan dilaksanakannya kegiatan ini di tahun depan terlebih tidak ada alasan untuk tidak dilakukannya kembali kegiatan ini ke depannya.


Reporter: Wildan Fakhrie Habibi, Salsabila Silky O.

Penulis: Wilda Ayu N.

Editor: Anisa PMC

Posting Komentar untuk "Buka Bersama Keluarga Besar Mahasiswa FISIP Unsoed : Bersihkan Diri, Sambut Ramadan dengan Berbagi"