Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alami Hipotermia, Anggota UPL MPA Unsoed Meninggal Dunia di Gunung Slamet

Cahunsoedcom/Irgi Bagus Maulana


Purwokerto, Cahunsoedcom - Kabar duka datang dari Unit Pandu Lingkungan Mahasiswa Pecinta Alam (UPL MPA) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), salah satu anggotanya dikabarkan meninggal dunia saat mendaki Gunung Slamet, Jawa Tengah, pada Sabtu (25/2/2023). 


Korban bernama Sadewa Natha Radya (19), mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Manajemen angkatan 2022, diduga kuat mengalami hipotermia akibat cuaca buruk yang terjadi di luar prediksi saat pendakian.


"Korban tewas diduga terkena serangan hipotermia. Korban juga menderita asma,” kata Kapolsek Bumijawa, AKP Mukmin, dikutip dari iNewsJateng.id, Minggu (26/2/2023).


Korban bersama 6 anggota muda UPL MPA lainnya sedang melakukan pendakian yang digelar mulai dari 23-26 Februari 2023 dengan tujuan jalur Permadi-Gunung Malang, Purbalingga.  Korban ditemukan tewas pada Sabtu siang oleh temannya dan baru berhasil dievakuasi tim SAR gabungan Kabupaten Tegal pada hari Minggu akibat cuaca buruk di puncak Gunung Slamet.


Setelah melalui proses evakuasi dan pemeriksaan di Rumah Sakit Slawi, jenazah korban kemudian dibawa ke Banjarnegara dan tiba di rumah duka pada Senin (27/2/2023) sekitar pukul 03.00 WIB. Jenazah korban diketahui  telah dimakamkan di pemakaman umum Kelurahan Parakancanggah, Banjarnegara sekitar pukul 09.00 WIB.


Atas peristiwa ini, dilansir dari detik.com, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Norman Arie Prayogo, menyatakan duka cita yang mendalam serta berharap peristiwa tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi dalam kegiatan kemahasiswaan, khususnya di UPL Unsoed pada masa mendatang.


Penulis: Insi Faiqoh Setyaningrum

Editor: Dewi Sri Rahayu


Posting Komentar untuk "Alami Hipotermia, Anggota UPL MPA Unsoed Meninggal Dunia di Gunung Slamet"