Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggugat Kualitas Pendidikan Indonesia di Hardiknas

Purwokerto – Cahunsoed, Jumat (2/5), Pendidikan yang seharusnya bisa mengatasi problematika dan mencerdaskan bangsa saat ini sudah berubah menjadi komoditas yang diperjualbelikan dengan terus mencetak tenaga kerja tanpa mementingkan kualitasnya, topik inilah yang diangkat oleh Forum Mahasiswa Keguruan Progresif (FMKP) dalam Diskusi Hari Pendidikan Nasional, dengan tema ‘Bagaimana Kabar Pendidikan Indonesia Saat Ini?’ di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jumat malam (2/5).

“Pendidikan sekarang hanya mengikuti pasar saja, ketika profesi  guru sedang banyak diminati, maka fakultas keguruan dan ilmu pendidikan menjamur. Hal ini menjadi cermin bahwa pendidikan saat ini lebih berorientasi pada trend pasar,” ujar Eko Prasetyo, salah satu pembicara.

Ia juga menambahkan masalah pendidikan adalah masalah klasik di Indonesia, dan akan terus berlangsung selama tidak ada perubahan yang mendasar, baik dari kesadaran masyarakat maupun dari sistemnya.

Wildanshah, salah satu pembicara mengatakan, pendidikan bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri “Pendidikan harus bisa membantu dan turut mencerdaskan masyarakat,” katanya.


“Melalui diskusi ini, kami mencoba mengkaji  problematika pendidikan di Indonesia,” ujar Tutut rusliyanto, selaku Koordinator FKMP di akhir acara. (AKB)

Posting Komentar untuk "Menggugat Kualitas Pendidikan Indonesia di Hardiknas"