Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laboratorium Komunikasi Dijanjikan Kembali Berfungsi

sumber: MG-Galang 
Purwokerto – Cahunsoed.com, Rabu (18/5) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) melakukan audiensi dengan ketua lab komunikasi dan kepala jurusan pada Selasa, (17/5). Hal ini sebagai respon cepat untuk menjawab keresahan-keresahan para mahasiswa Ilmu Komunikasi mengenai kejelasan akan kegunaan dari laboraturium komunikasi selama ini. Mahasiswa merasa keberadaan lab tidak memiliki fungsi yang maksimal dalam menunjang mata kuliah mahasiswa. Audiensi dihadiri Kepala Laboratorium Komunikasi, Edi Santoso dan Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi, Agoeng Nugroho. Kajur Ilmu Komunikasi ini membenarkan pendapat mahasiswa terkait tidak maksimalnya fungsi lab komunikasi  sebagaimana seharusnya. “Lebih baik peralatan laboratorium rusak karena sering digunakan, daripada rusak karena lapuk lantaran tidak pernah digunakan seperti selama ini,” katanya dalam forum audiensi.
Dalam audiensi, Edi selaku kepala laboratuium berjanji bahwa laboraturium komunikasi mulai seminggu kedepan sudah bisa digunakan.  “Tinggal sedikit beres-beres dan sedikit pengaturan dan juga pengecekan, alat-alat dan bantuan tenaga ahli juga sudah disiapkan,” katanya. Ia juga mengeluhkan adanya barang-barang yang sudah rusak karena lama tidak digunakan. Selain itu, kegiatan laboratorium juga masih harus dilakukan di ruangan lama, yang dirasa kurang layak. Edi juga mengatakan jika sudah ada permintaan dari pihaknya untuk ruangan baru, “Kita masih menunggu adanya renovasi untuk menyiapkan ruangan baru tersebut,” katanya.
Dalam audiensi Edi mengeluhkan kecilnya anggaran terhadap pengadaan dan perawatan maupun untuk operasional berjalanya kegiatan laboratorium. “Jurusan Ilmu Komunikasi di beratkan UKT yang paling tinggi, tapi kenapa dana untuk praktikum saja tidak selalu ada,” ujarnya. Selain itu pengadaan fasilitas di laboratutium tersebut sering kali salah sasaran dan melenceng dari apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa, sehingga banyak pula yang terbengkalai dan akhirnya rusak. Atas kejadian ini, Edi mengharapkan peran dari mahasiswa untuk masuk ke dalam pengurus harian dalam menjalankan fungsi laboratorium agar dapat berjalan, dan membantu mengawal pemenuhan kebutuhan lab.
Menurut Salsabila Ainurrohman, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi 2013, mengaku selama ini belum pernah merasakan fasilitas laboratorium untuk kegiatan praktikum. Beberapa kali mengambil matakuliah praktikum, Salsabila tidak pernah diarahkan untuk menggunakan fasilitas lab. Hal ini membuat mahasiswa Ilmu Komunikasi tidak merasakan adanya manfaat dari keberadaan lab komunikasi tersebut.
Selain itu, ia berharap kedepannya angkatan dibawahnya sudah bisa menggunakan fasilitas dari laboraturium tersebut untuk kegiatan praktikum. “Ya meskipun alatnya terbatas, tapi kan seenggaknya kita punya, dan tentu harus dimanfaatkan, ngga cuma dibiarkan terus rusak,” ujarnya saat diwawancarai. Ia sangat menyayangkan laboratorium yang selama ini tidak pernah terlihat peran serta fungsinya. Caca juga berharap laboraturium kedepanya dapat memfalitasi sarana dan prasarana kegiatan perkuliahan. (MG-Galang Kris Nanda/ Triana Widyawati)

Ed: Fahri Abdillah

Posting Komentar untuk " Laboratorium Komunikasi Dijanjikan Kembali Berfungsi"