Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rektor Unsoed Pastikan Dua Tuntutan #SoedirmanMelawan Terpenuhi

Rektor Unsoed Achmad Iqbal
selesai audiensi UKT bersama mahasiswa
Cahunsoedcom/M.Rijal
Purwokerto, Cahunsoed.com – Jumat (1/7), Rektor Unsoed Achmad Iqbal memberikan kepastian mengenai dua tuntutan yang diajukan #SoedirmanMelawan bakal dipenuhi. Hal itu diungkapkan rektor unsoed saat ditemui tim riset #SoedirmanMelawan di ruangannya pada Jumat (24/6). Kedua tuntutan yang diajukan yakni SK tentang uang pangkal dicabut dan UKT 2016 tidak akan naik. “Pencabutan SK Uang Pangkal sedang dikerjakan staf ahli rektor,” katanya.
Namun dalam pernyataannya saat aksi #SoedirmanMelawan, Unsoed tetap  menerima sumbangan dalam bentuk apa pun. Pernyataan rektor yang sempat mengundang tanya ini akhirnya dikonfirmasi bahwa Unsoed tak akan membuat formulir terkait penarikan sumbangan yang sifatnya sukarela ini. “Saat registrasi baik online maupun fisik tidak pakai formulir uang pangkal, tapi kalo mau nyumbang ya silahkan,” tambahnya.
Selain pencabutan uang pangkal ini, rektor juga memastikan dikembalikannya nominal UKT 2016 sesuai Permenristekdikti Nomor 22 Tahun 2015. Rektor Unsoed Achmad Iqbal mengatakan, hingga pengumuman SBMPTN peraturan menteri tak juga turun, maka akan dikembalikan ke peraturan sebelumnya. Pengumuman SBMPTN yang sudah dilaksanakan pada 28 Juni, akan dilanjutkan registrasi online. Namun hingga pengumuman ini keluar, peraturan menteri belum juga turun. Hal ini membuat unsoed harus segera mengambil sikap terkait nominal UKT untuk mahasiswa 2016. “Kalau sudah jalan peraturan yang lama (red: Permenristekdikti Nomor 22 Tahun 2015) ngapain pake peraturan baru, kita akan pakai yang 7 level” katanya.
Pernyataan rektor ini akan terus dikawal oleh mahasiswa yang tergabung dalam #SoedirmanMelawan agar sesuai pada pelaksanaannya. Rencananya jadwal registrasi online SBMPTN akan dibuka pada 14-18 Juli 2016. Salah satu tim riset #SoedirmanMelawan Agus Yusup pun meminta agar semua yang dijanjikan rektor sesuai pada pelaksanaannya. “Untuk nominal ukt 2016 dan uang pangkal kita pegang janji rektor, tapi sayangnya buat tuntutan lain masih belum berhasil,” katanya.
Tuntutan lain yang belum terealisasi yakni penurunan nominal UKT untuk mahasiswa yang sudah mengambil skripsi. (Muhammad Rijal)

Ed: Triana Widyawati


Posting Komentar untuk "Rektor Unsoed Pastikan Dua Tuntutan #SoedirmanMelawan Terpenuhi"