Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puluhan Seniman Purwokerto Gelar Aksi Mengenang Soetedja


Purwokerto - Cahunsoed.com, Jumat, (27/3), Puluhan seniman Purwokerto gelar panggung pementasan kenang Soetedja, menjelang eksekusi pembongkaran Gedung Soetedja April nanti. Gelaran aksi dengan tema, ‘Dhungkar Soetedja’ bertujuan sebagai bentuk protes para pegiat seni Purwokerto atas penghilangan simbol aktivitas seni di Purwokerto. Hal tersebut di utarakan oleh Koordinator Acara, Anung Soemargo.

“Meskipun seniman bisa melakukan aktifitas seni dimanapun, tapi ketika salah satu simbol kesenian bersejarah ini (red: Soetedja) dirobohkan, para pegiat seni pastinya tak memiliki simbol dan sejarah lagi nanti,” kata Anung.

Selain Anung, Muhammad Iskandar, salah satu peserta gelaran juga menyangkan terbengkalainya gedung tersebut dan tak di izinkan untuk di manfaatkan sampai dibongkar. menurut Iskandar, pemerintah kabupaten seharunya memberikan ruang baru yang tepat guna. “Artinya, ketika memang akan dibangunkan ruang baru, pemerintah harus benar-benar memfasilitasi, tidak malah menyusahkan para seniman untuk mendaatkan fasilitas” kata Iskandar.

Dalam acara tersebut menampilkan beragam kegiatan seni mulai dari musikalisasi, pementasan teatrikal yang dipentaskan oleh teater kampus, cowongan, hingga pantomim. Para seniman, satu persatu menampilkan aksi panggung mereka atas keresahan pembongkaran Gedung Soetedja. (MG-IFN) 

Posting Komentar untuk "Puluhan Seniman Purwokerto Gelar Aksi Mengenang Soetedja"