Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembongkaran PG Kalibagor Langgar Undang Undang Cagar Budaya

PG sebelum di bongkar. Sumber photo: Banjoemas.com

Purwokerto – Cahunsoed.com, Minggu (12/4), Pembongkaran Pabrik Gula kalibagor (PG Kalibagor) yang sedang berlangsung saat ini dinilai menyalahi aturan perundang undangan. Hal ini di katakan oleh Imam Hamidi Antasalam, Pamong Budaya Nasional Kemendikbud RI.  Hal tersebut Ia katakan dalam diskusi dan kajian bersama dengan mahasiswa, di kampus FISIP Unsoed.

“Ini sudah menyalahi aturan perundangan secara menyeluruh, yakni Undang Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya,” kata Imam.

Dalam aturan perundangan tersebut, berdasarkan analisis Imam, penyalahan aturan ini secara khusus terdapat  dalam paragraf 3 pasal 81, tentang revitalisasi. Penyalahan aturan ini bisa mendapatkan sanksi pidana yang juga di atur dalam undang undang tersebut.

Doc Istimewa ; Wiwit @Banyumase
Selain Imam, Jatmiko W salah satu pegiat Komunitas Heritage Banyumas, juga menilai jika Banyumas tidak bisa menjadi contoh dalam melestarikan budaya.  “Bangunan PG Kalibagor, sudah teregristasitrasi sebagai benda cagar budaya sejak tahun 2009 oleh Pemda Banyumas, aneh kalo pemda mengizinkan pembongkaran,” kata Jatmiko.


Menanggapi hal ini, salah satu mahasiswa yang juga tergabung dalam diskusi, Ragil Chandra, menyayangkan sikap pemerintah. Ragil mengkhawatirkan jika nantinya benda budaya yang lain juga akan dimusnahkan. (Qyu)

5 komentar untuk "Pembongkaran PG Kalibagor Langgar Undang Undang Cagar Budaya"

  1. Jebule Pabrik Gulane lagi dibongkar. Website apik, beritane banyumas lan sekitare. Wis ana iklan adsensene mbarang. Ora ngapak ora kepenak :D

    Kie website nyong personal, banyumas habibullahurl.com. Tambah maju bae ya tk pantengi beritane nang kene.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur nuwun mas. Salam kenal juga. Ora ngapak ora kepenak :)

      Hapus
  2. Kiye kayane soal duit apa kekuasaan ya...arep heritage apa cagar budaya, kayane ora ana pengaruhe...tetep bae dibongkar.... nelangsa aq ndelengge.... 10 th, aq urip nang PG.Kalibagor

    BalasHapus