Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa Butuh Pengalaman Organisasi


Purwokerto – Cahunsoed.com, Kamis (10/9), Kebutuhan berorganisasi diperlukan mahasiswa tak hanya saat perkuliahan tetapi juga dirasakan pasca lulus kuliah. Pemilihan organisasi yang tepat bisa dijadikan cara untuk mengaktualisasi diri dan mempersiapkan kompetensi diri untuk dapat bersaing setelah lulus nanti. Hal ini disampaikan oleh Ugung Dwi Aryo Wibowo, pembicara pada acara seminar ‘Beasiswa S2 dan Interview Kerja.’ “Organisasi merupakan tempat yang tepat untuk membentuk kompetensi diri, termasuk salah satu kunci untuk mendapatkan beasiswa S2,” kata Ugung pada seminar yang diadakan Korp Mahasiswa Hubungan Internasional, pada Selasa (8/9) di Aula FISIP Unsoed.

Seminar tersebut membahas tentang bagaimana cara memperoleh beasiswa S2 melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan bagaimana menghadapi interview kerja. Ugung menambahkan, pengalaman organisasi bisa dijadikan sebagai pengganti pengalaman kerja bagi lulusan baru. “Penting buat fresh graduated menentukan pilihan setelah mereka lulus,” kata Ugung.

Ia juga mengeluhkan mengenai kondisi mahahasiswa hari ini yang umumnya hanya terfokus pada kegiatan akademik saja. “Padahal jelas, pengalaman berorganisasi saat kuliah itu sangat menunjang setelah lulus nanti,” katanya.

Sementara menurut Ketua Pelaksana Seminar, Hartina Latresya, seminar tersebut diadakan demi memfasilitasi mahasiswa yang membutuhkan informasi terkait beasiswa dan interview kerja. Terutama bagi mahasiswa yang masih bingung dalam menentukan pilihan setelah lulus S1. Ia pun mengatakan bahwa organisasi menunjang kompetensi diri, “Organisasi kan menunjang kita biar jadi lebih berani, pintar bersosialiasasi, dan memantapkan diri setelah lulus nanti,” kata Hartina.

Salah satu peserta, Yohana Fadilah, mengaku mendapatkan manfaat banyak hal dari seminar ini. “Menambahan pengetahuan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum lulus nanti,” kata mahasiswa Bisnis Internasional ini. (ICA/FHD)

2 komentar untuk "Mahasiswa Butuh Pengalaman Organisasi"

  1. LPM Solidaritas sekarang minim analisisnya yaa. jadi agak membosankan bacanya, kalau begini tidak ada bedanya dgn media lainnya. berita saja isinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm berita cahunsoed kok jadi kacangan gini ya??? isinya kebanyakan berita acara sama demo mulu. gak mutu

      Hapus