Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa Biologi Tolak Kenaikan UKT 2016

Mural buatan mahasiswa Biologi menggambarkan kenaikan
biaya kuliah yang menyulitkan mahasiswa, Foto by: Triana W
Purwokerto – Cahunsoed.com, Rabu (11/05), Terdapat sebuah mural pada dinding sekre bersama UKM Biologi Unsoed. Mural tersebut bertuliskan “#BIOLOGIBERGERAK #MENOLAKMAHAL” dengan gambar “seorang calon peraih gelar S.Si  yang diikat lehernya dengan uang oleh pimpinan fakultas biologi”. Hal ini merupakan bentuk ekspresi dan respon dari mahasiswa yang menolak naiknya ukt 2016. Mereka merasa jika naiknya biaya UKT akan semakin memberatkan mahasiswa.

Karya seni buatan mahasiswa ini sontak mendapat respon dari berbagai pihak. Salah satunya Ganjar Cahyo A, mahasiswa aktif Fakultas Biologi ini mendukung bentuk protes mahasiswa yang dilakukan melaui mural. Menurutnya, melonjaknya biaya kuliah akan berdampak besar pada terbatasnya akses pendidikan tinggi bagi masyarakat yang secara ekonomi, rendah.

Melihat isu yang beredar mengenai naiknya ukt. Kita melihat keadaan perekonomian mahasiswa di Fak. Biologi sendiri yang notabene mayoritas memilikin kemampuan ekonomi rendah, membuat mereka termasuk saya keberatan apabila nominal UKT dinaikkan,

Ia juga menambahkan kenaikan ukt tersebut tidak dilakukan secara transparan dan tidak ada sosialisasi sebelumnya dari pihak fakultas. Dia juga berharap semua pihak untuk  lebih pro aktif dalam mengkaji perihal UKT, Kajian ini berguna saat UKT bermasalah tidak bingung untuk bersikap dan tidak dimanfaatkan oleh pihak lain,”  katanya.

Dukungan juga datang dari Mahasiswa Prodi Biologi angkatan 2014, Karnia Rosmiati dia mengatakan mendukung adanya bentuk kritikan seperti itu. “Biaya kuliah di Biologi Unsoed itu seharusnya tidak mahal dan tidak memberatkan  mahasiswa. Di tambah lagi tidak ada transparansi dari pihak fakultas sehingga menciptakan informasi UKT di Biologi simpang siur,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, pihak BEM Fakultas Biologi juga mendukung bentuk protes terhadap kenaikan UKT 2016. Selain itu, BEM juga ingin bertemu dengan pihak pembuat mural. “Hal ini agar dapat ditemukanya jalan tengah dalam penyelesaian masalah mahalnya biaya kuliah dan naiknya UKT ini, sehingga maksud dari mural tersebut bisa tersampaikan ke fakultas.” Ujar Rizkinta Widiasti selaku wakil presiden BEM Biologi.

Tindak lanjut dari permasalahan ini, Rizkinta juga menambahkan bahwa Minggu ini,  pihak BEM akan mengadakan audiensi dengan pihak Dekanat mengenai UKT yang akan dihadiri oleh seluruh mahasiswa Fakultas Biologi. Tujuan dari audiensi ini adalah transparansi dan sosialisasi mengenai UKT Fakultas Biologi serta Sosialisasi bagaimana cara mengajukan penyesuaian UKT. Audiensi ini dilakukan karena audiensi sebelumnya dianggap masih belum representatif

Terkait dengan permasalahan ini pihak dekanat enggan memberikan tanggapan. Wakil dekan III, Agus Nuryanto melalui staf administrasi menolak memberikan tanggapan dengan dalih “sudah pernah” padahal ini mengenai mural yang munculnya belum seminggu. (MG/FAUZI AKMAL DHIATAMA, MG/ANGGARA DWI USMAN MAULANA)



Ed: Fahri Abdillah, Muhammad Rijal

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Biologi Tolak Kenaikan UKT 2016"