Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Digelar Secara Offline, PKK FISIP Kembali Memeriahkan Kampus Oranye

(Cahunsoedcom/Irgi Bagus)

Setelah dua tahun terakhir dilaksanakan secara daring, akhirnya tahun ini Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (PKK FISIP) kembali dilaksanakan secara offline atau luring. Peralihan dari online ke offline menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi panitia penyelenggara PKK FISIP 2022.

“Kami mengalami kesulitan di awal waktu perumusan konsep acara dan lain-lain, karena dari kita memang ngga terlalu banyak mengalami PKK offline. Untung kita terbantu oleh beberapa panitia yang notabenenya sudah paham. Tapi saat eksekusi agak kagok, karena ibaratnya kita kuliah aja online dan kepanitiaan ini sudah offline,” ucap Wikan, salah satu panitia PKK FISIP 2022. 

PKK FISIP berlangsung selama tiga hari, yakni pada tanggal 12, 13, dan 14 Agustus. Rangkaian kegiatan PKK tingkat fakultas ini dilakukan untuk mengenalkan culture dan nilai-nilai di kampus FISIP Unsoed kepada mahasiswa baru. Selain itu, PKK FISIP sebagai ajang untuk menjadikan mahasiswa FISIP menjadi lebih kritis. 

“Tujuannya sebenernya ada dua. Pertama untuk mahasiswa baru, kita bisa mengenalkan culture kampus FISIP Unsoed pada mahasiswa baru dalam hal-hal apa saja sih yang ada di FISIP. Kedua, ini sebagai proses belajar untuk teman-teman panitia PKK, dalam artian kita belajar kepanitiaan dan gimana caranya kita bisa membentuk dan merencanakan kegiatan PKK. Kita ingin memberikan yang terbaik untuk mahasiswa baru. Secara tidak langsung panitia juga dilatih untuk lebih kritis,” jelas Maulana Ikhsan, Ketua Pelaksana PKK FISIP 2022.

Persiapan kegiatan ini sudah berlangsung dari bulan Juni. Menurut keterangan Ikhsan, agenda pertama PKK FISIP adalah rapat pleno (raplen) yang dilakukan sebanyak sembilan kali. Kegiatan PKK FISIP 2022 membawa tiga nilai yaitu aktif, solidaritas, dan kritis. Nilai-nilai tersebut diharapkan menjadi pembentuk mahasiswa baru untuk lebih produktif di kampus. Selain itu, isu yang dibawakan juga terdiri dari 3 isu, yaitu kekerasan seksual, UKT/UP, dan pentingnya berorganisasi. Isu tersebut dibawakan dengan tujuan memberikan kesadaran pada mahasiswa baru terhadap masalah yang terjadi saat ini. 

Mahasiswa baru juga merasa antusias pada kegiatan PKK FISIP. Menurut Saka, Mahasiswa Administrasi Publik 2022, kegiatan ini memberikan banyak pengalaman dan membuatnya menemukan teman-teman baru. Menurutnya, acara ini seru ditambah panitia yang asyik membuat kegiatannya menjadi tidak membosankan. 

Para mahasiswa baru sangat aktif selama kegiatan PKK berlangsung. Mereka mengungkapkan kebahagiaannnya karena akhirnya bisa merasakan euforia ospek offline. Mereka mengaku mendapatkan banyak pengalaman dan insight baru dari kegiatan ini. “Asyik banget, bisa lihat teater yang seru dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Solidaritas yang keren. Kaka-kakanya semangat banget,” ujar Fiqri, salah satu mahasiswa baru jurusan Sosiologi 2022.

Fiqri juga menceritakan pengalamannya di PKK FISIP 2022 ini. “Dapat pengalaman tentang nilai-nilai kedisiplinan, seperti ditegaskan suruh berangkat tepat waktu.” tambahnya.

Acara PKK yang dilaksanakan pertama kali secara offline setelah pandemi Covid-19 tentu tidak terlepas dari beberapa kendala. Kendala terjadi karena cuaca yang terbilang berubah-ubah bahkan sampai persiapan yang kurang matang.  “Ada dari beberapa perisapan yang kurang matang ditambah cuaca yang terkadang hujan sehingga beberapa kegiatan yang seharusnya dilaksanakan secara outdoor menjadi terhambat,” ujar Ikhsan.

Secara keseluruhan, kegiatan PKK FISIP 2022 ini sudah sesuai harapan para panitia penyelenggara. Mereka bersyukur atas hasil kinerja selama kurang lebih dua bulan, mereka bisa membuat mahasiswa baru senang, nyaman, dan bersemangat menjadi bagian dari kampus oranye tersebut. Namun, mereka juga berharap untuk ke depannya agar kegiatan PKK FISIP bisa berjalan lebih baik dan kendala-kendala yang sudah dilalui bisa menjadi bahan evaluasi serta tidak terulang lagi di tahun depan. “PKK offline ini juga bisa dijadikan gambaran untuk teman-teman yang tahun depan menjadi panitia kegiatan PKK FISIP. Semoga ke depannya PKK FISIP lebih baik dan persiapannya pun lebih matang, sehingga mahasiswa baru FISIP 2023 lebih antusias terkait PKK FISIP mendatang,” pungkas Ikhsan.


Reporter : Salsabilla Silky, Laely Arifah

Peulis: Salsabilla Silky

Editor: Ardi Dwi Ramadhan

Posting Komentar untuk "Digelar Secara Offline, PKK FISIP Kembali Memeriahkan Kampus Oranye"